KIAT MENJADI YOUTUBER

Memulai channel Youtube adalah cara paling sederhana dari semua dan tidak membutuhkan investasi.Youtube memiliki hampir 5 miliar penayangan video/hari yang membuktikan kekuatannya di dunia internet.
Youtube cocok untuk orang yang suka membuat video, suka berbicara tentang video, syuting dokumenter atau film pendek. Untuk menjadi seorang youtuber, dibutuhkan keahlian atau kemampuan untuk membuat video menggunakan perangkat lunak atau merekam video menggunakan ponsel atau camcorder anda.
Waktu yang di perlukan untuk memulai sebuah Channel-Youtube hampir dapat anda mulai beberapa menit saja. Anda hanya perlu mengunjungi youtube.com, membuat Channel, dan mengunggah video. Perlu di perhatikan juga, ada 2 jenis channel Youtube, yakni;

@. Channel yang sudah memiliki nama atau banyak subscriber, biasanya karena memiliki hubungan dengan artis/influencer/youtuber terkenal lainnya, memiliki koneksi yang baik, atau modal yang banyak ( paid promotion ).
@. Channel yang di bangun dari nol, tanpa modal, dan tanpa koneksi sedikitpun.

Pada artikel ini kita akan mempelajari bagaimana channel Youtube yang masih baru ( 0 sub ) bisa merangkak naik menjadi youtuber sukses.

OK, tak perlu basa basi terlalu panjang, let's learn.

KIat Menjadi Seorang Youtuber

1. Video adalah konten, dan setiap konten membutuhkan audience/penonton.
Buat channel Youtube dan sesuaikan tema tertentu channel anda; seperti, humor, tutorial, resep, edukasi, gadget dll. Jangan hanya membuat channel video acak yang tidak terkait. Tentukan siapa audience anda. Jauh lebih bagus anda fokus pada satu tujuan tema terlebih dahulu, dengan begini anda akan lebih mengerti siapa target audience anda dan apa yang mereka inginkan.

2. Bangun subscriber channel anda dengan natural.
Hal yamg pertama kali anda harus fokuskan adalah membangun subscriber, karena subscriber inilah yang bisa membuat channel anda tumbuh setiap harinya. Cara yang tercepat untuk mendatangkan subscriber di antaranya; membuat video yang berkualitas, buat sesuatu yang relevan dengan penonton, dan optimasi judul dan gambar thumbnail sebaik mungkin.

3. Mulai dari lingkaran sosial anda dan jangan menggunakan teknik black-hat.
Cara terbaik untuk mendapatkan penonton adalah dengan mendistribusikan konten anda ke teman-teman atau lingkaran sosial terdekat anda, entah itu di sosial media seperti Facebook/Instagram/Twitter/dll. Jangan sekali-kali melakukan spam di sosial media/forum karena Youtube sangat membenci spam karena kemungkinan besar akun anda akan dibanned jika melanggar ketentuan ini.
Kolaborasi dengan teman anda atau youtuber lain. Balas setiap komentar di video anda dan juga berikan komentar di video youtuber lain.

4. Optimasi tampilan dan deskripsi channel Youtube anda
Buatlah deskripsi singkat di bagian "about". Koneksikan channel Youtube anda dengan channel sosial media/website yang anda miliki. Pasang gambar yang menarik. Optimasi setiap video di bagian judul, deskripsi, dan tag ( sama seperti SEO ).

5. Pahami dengan baik algoritma Youtube dan bermain sesuai dengan aturannya.

6. Kualitas views > kuantitas views
Normalnya, buatlah konten 1-2x seminggu, tetap prioritaskan kualitas namun jangan mengabaikan kuantitas sama sekali. The more you make, the more people will find you.

7. Terima masukan/feedback dari penonton anda
Beberapa orang akan mengomentari video anda, sebagian akan bersifat trolling ( silahkan di abaikan ), beberapa akan negatif, dan sebagian lainnya akan membangun. Dan yang lebih penting, jangan takut untuk bertanya kepada para fans/subscriber anda.
Sebagai Youtuber anda harus komitmen memberikan konten yang dibutuhkan oleh subscriber anda. Teruslah dekat ( stick ) dengan subscriber anda, karena merekalah anda bisa sukses.


Itulah beberapa cara supaya anda bisa membangun channel Youtube yang sukses, namun pada prakteknya bisa saja tidak semulus teori di atas, karena itu hal yang paling krusial adalah perhatikan data Youtube Analystic Anda, perhatikan video mana yang memberikan hasil yang lebih baik ( engagement ), analisa sumber trafik mana yang paling menghasilkan, dan seperti apa demographics audience anda.

Sekarang cara terbaik adalah tinggal mengambiltindakan, lakukan dan aplikasikan apa yang sudah anda pelajari secara nyata.


GOOD LUCK

Komentar

Postingan Populer