PERBEDAAN GOOGLE ADWORDS DAN GOOGLE ADSENSE





Dalam dunia digital marketing pasti anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Google Adwords dan Google Adsense. Meski sama - sama dalam duna periklanan, keduanya memiliki perbedaan dan fungsinya masing - masing. Marilah kita ulas perbedaan dari Google Adwords dan Google Adsense.

Google Adwords, atau juga di kenal Google Ads merupakan suatu jasa periklanan yang di buat oleh Google, di mana iklan yang di tampilkan hanya yang relative dengan konten. Kekuatan dari Google Adwords sebagai produk layanan periklanan banyak di manfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya. Karena dengan menggunakan jasa Google Adwords, anda bisa mengiklankan produk anda pada semua produk Google yang mendukung iklan Adwords dan situs mitranya Google. Keuntungan yang bisa di dapatkan dengan menggunakan Google Adwords, produk anda bisa tampil di halaman Google tanpa perlu memikirkan SEO. Sistem pembayaran yang di tawarkan di bagi menjadi dua macam; yakni, Pay Per Click dan Pay Per Million. Pay Per Click atau yang biasa di sebut PPC adalah apabila iklan dari pengiklan di klik, maka pengiklan tersebut harus membayarnya dan sebaliknya. Sedangkan Pay Per Million atau yang di sebut PPM merupakan sistem pembayaran berdasarkan jumlah iklan dari pengiklan tersebut di tampilkan. Biasanya iklan tersebut di tampilkan per 1000 kali tampil.

Google Adsense adalah sebuah jasa penawaran iklan kepada pemilik Website atau Blog yang nantinya Web atau Blog tersebut akan di pasangkan oleh iklan yang relevan dengan kata kunci atau konten yang ada pada Website atau Blog tersebut. Pemilik Website atau Blog yang telah mendaftar dan di setujui keanggotaannya di perbolehkan untuk memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah di tentukan oleh Google. Pemilik Web atau Blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap 1 iklan yang di klik oleh pengunjung situs. Yang di kenal dengan sistem PPC. Selain menyediakan sistem PPC, Google Adsense juga menyediakan Adsense pencarian ( Adsense for Search ) dan iklan arahan ( Referral ). Pada Adsense untuk pencarian, pemilik situs Web dapat memasang kotak pencarian Google pada halaman Web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang di lakukan pengunjung melalui kotak pencarian yang berlanjut dengan klik pada iklan. Sedangkan pada iklan arahan, pemilik situs akan mendapatkan pemasukan setelah di klik pada iklan berlanjut pada sebuah tindakan oleh pengunjung yang telah di sepakati antara Google dan pemasang iklan.

Demikianlah sedikit ulasan perbedaan antara Google Adwords dan Google Adsense, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer